Bau Badan

Bau Badan – Kelenjar keringat ada di seluruh tubuh, kecuali bibir dan telinga. Kelenjar keringat terdapat di bawah kulit dan melepaskan cairan keringat melalui pori-pori di permukaan kulit. Ada dua macam kelenjar keringat :

Bau Badan

Bau Badan

1. Kelenjar keringat luar (accrine)

Kelenjar ini memproduksi keringat bening, tidak berbau dan asin berisi berbagai sisa-sisa zat kimia. Kelanjar ini hampir seluruhnya berada di daerah kening, telapak tangan dan telapak kaki. Kelenjar ini telah mulai bekerja sejak seorang bayi dilahirkan.

2. Kelenjar keringat dalam (apocrine)

Kelenjar ini (yang sebagian besar berada di ketiak) mula berproduksi pada saat seseorang mulai mengalami pubertas. Dan keringat yang dihasilkan kelenjar inilah yang jika dibiarkan terlalu lama tinggal di kulit akan mengundang bakteri yang dapat menyebabkan bau badan.

Keringat disebabkan oleh udara panas, olahraga, stress, rasa sakit dan perubahan hormon. keringat ini sendiri normal dan penting yaitu sebagai mekanisme alami pengaturan suhu tubuh.

Wanita memiliki lebih banyak kelenjar keringat dibandingkan pria. Dan keringat wanita 10 kali lebih basa dibandingkan keringat pria. Untuk mengurangi keringat yang timbul di telapak tangan dan kaki, sering-seringlah membasuh bagian ini, kemudian keringkan. Hindari pemakaian sepatu yang sempit dan kaos kaki dari bahan sintetis.

PENYEBAB BAU BADAN

Penyebab bau badan karena melakukan aktivitas selama seharian yang menimbulkan bakteri yang menempel pada keringat bercampur dan pada akhirnya menimbulkan masalah bau badan. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah bau badan ini.

CARA MENGHILANGKAN BAU BADAN

Cara menghilangkan bau badan dengan cara alami bisa dilakukan dengan beberapa cara seperti :

  1. Pakailah baju yang sesuai
    Pakai baju yang berbahan cotton bisa membantu membuat kulit menjadi lebih mudah untuk bernapas dan bisa mengurangi keringat yang berlebihan. Sebaiknya jangan pakai pakaian yang berbahan yang bisa mengakibatkan terjadinya iritasi dan membuat produksi keringat semakin banyak seperti bahan satin, apalagi jika Anda ingin melakukan aktivitas diluar ruangan selama seharian sebaiknya hindarilah jenis bahan seperti ini.
  2. Mandi
    Air yang bersih bisa membantu membersihkan tubuh Anda dari kotoran yang menempel pada tubuh. Selain itu, manfaat air juga sangat baik untuk mencegah bau ketiak. Mandilah 2 kali dalam sehari, di pagi hari dan disore hari. Kebiasaan mandi 2 kali dalam sehari ini wajib dilakukan untuk membantu melarutkan keringat yang berlebihan dan bisa membantu menghilangkan bau kurang sedap pada tubuh.
  3. Gunakanlah jeruk nipis dan lemon
    Manfaat dari jeruk nipis dan lemon ternyata sangat baik untuk membantu mengatasi masalah bau badan. Jeruk nipis bisa membantu mengurangi produksi keringat berlebihan dan bisa membantu mencerahkan ketiak. Cara yang dilakukan adalah dengan menggosokkan kurang lebih 1 ½ buah jeruk nipis yang tidak terlalu matang pada ketiak. Mungkin untuk pertama kalinya Anda akan mengalami iritasi yang ringan. Namun jika iritasi yang terjadi semakin berat maka hentikan pemakaian jeruk nipis untuk sementara.
  4. Menyemprotkan parfum
    Deodoran dan juga anti perspiran untuk bisa mempertahankan bau tubuh agar tetap dalam keadaan segar. Manfaat dari anti-perspirant biasanya mempunyai fungsi untuk menyumbat pori-pori kulit sehingga akan membantu untuk menyumbat keringat keluar menuju ke permukaan kulit. Namun, jangan sampai pemakain parfum ini dengan berlebihan karena kandungan bahan kimia yang ada di dalamnya akan berefek samping bisa menimbulkan terjadinya peradangan dan juga perubahan pada warna kulit.
  5. Berat badan berlebih
    salah satu penyebab dari bau badan adalah karena berat badan yang berlebihan. Cara menghilangkan bau badan secara alami bsia dilakukan dengan menyusun pola makan yang sehat dan juga mengurangi berat badan Anda yang berlebihan. Hal ini disebabkan karena berat badan bisa menghasilkan produksi keringat dengan berlebihan. Apabila jika berat badan Anda sudah ideal, maka sebaiknya tambahkanlah asupan makanan yang mengandung serat dan jangan gunakan pemakaian rempah-rempah secara berlebihan dalam menu makanan Anda. Karena hal ini akan membantu mencegah penumpukkan racun di dalam tubuh.

Cara menghilangkan bau badan dengan cara alami juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan bahan alami seperti dibawah ini :

  1. Rimpang temulawak
    Kandungan alami yang ada di dalam temulawak adalah zat saponin, flavoninoida dan juga minyak atsiri yang sangat baik untuk membantu mengatasi bau badan. Anda juga bisa mencobanya dengan cara minum air rebusan rimpang temulawak yang sudah dipotong-potong. Dan selain itu juga Anda bisa menggunakan sisa dari parutan temulawak dan penggunaannya adalah dengan cara dioleskan pada seluruh badan kemudian diamkan sampai kering.
  2. Baking soda
    Atasi bau badan dengan menggunakan baking soda sangat bermanfaat untuk mmebantu mengurangi produksi keringat yang berlebihan di dalam tubuh saat Anda sedang melakukan aktivitas diluar ruangan. Cara memakai baking soda ini adalah oleskan baking soda dibagian ketiak dan juga kaki agar bisa mengurangi produksi keringat dari dalam tubuh.

Bau Badan


=====================================

>>> Obat Bau Badan, 100% Alami dan Efektif Menghilangkan Bau Badan, Bau Keringat, Bau Ketiak & Bau Kaki Pada Pria dan Wanita, klik Detail Disini!

=====================================


This entry was posted in Bau Badan and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.